Sabtu, 15 Januari 2011

KEPADATAN POPULASI MANUSIA

Kepadatan penduduk manusia di dunia atau di alam semesta ini setiap tahunnya terus bertambah dan meningkat berhubungan dengan kelangsungan hidup manusia sebagai salah satu komponen biotic dalam ekosistem ini. Manusia juga tidak lepas dari ketergantungannya terhadap lingkungan atu makhluk hidup lainnya seperti binatang dan tumbuhan yang hidup berdampingan dengan manusia, kalau kita perhatikan pertumbuhan manusia di dunia saat ini mencapai enam miliar. Kepadatan populasi manusia di dunia sangat mempengaruhi ekosistem makhluk hidup lain, poplasi manusia juga merupakan masalah dunia yang sangat – sangat serius karena dampaknya dapat mengancam kehipan makhluk hidup semua.
Khusunya di Indonesia pada tahun 2005 indonesia menjadi urutan ke empat di dunia karena jumlah penduduknya mencapai 221,9 juta manusia, pertumbuhan populasi manusia di Indonesia cukup besar dan di setiap tahunnya akan bertambah beberapa persen hal ini di karenakan banyak manusia yang tidak memikirkan masa depan kelangsungan hidup anak – anak mereka, contohnya masyarakat yang tidak mau mengikuti program yang di berikan oleh pemerintah yaitu “keluarga berencana” yang hasilnya memperkecil angka penduduk di Negara kita ini, di jaman yang modern ini dan jaman yang tambah susah kita harus memikirkan matang – matang masa depan dunia ini. Pada dasarnya bertambahnya penduduk manusia yang cepat dan besar akan menghambat upaya kebutuhan makanan, kondisi tersebut terjadi karena semakin banyak jumlah populasi manusia kebutuhan makanan juga akan bertambah banyak. Hal yang akan menjadi masalah selanjutnya adalah sulitnya mencari kerja dan tempat tinggal karena terlalu padatnya penduduk di dunia peningkatan jumlah populasi manusi menyebabkan kebutuhan terhadap lahan untuk tempat tinggal tidak terpenuhi dan untuk mencari makanpun akan sulit karena harus bersaing satu sama lain.
Kepadatan populasi manusia juga berpengaruh terhadap lingkungan sekitar, rusaknya hutan, penebangan pohon, itu semua akibat manusia yang tidak berfikir akan akibat yang akan timbul akibat pebuatan manusia tersebut, hal ini karena manusia menggunakan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, tetapi penggunaanya yang terus menerus akan berakibat rusaknya sumber daya alam tersebut akibatnya terjadi eksplorasi yang berlebihan terhadap sumber daya alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar