Sabtu, 15 Januari 2011

KESELAMATAN DALAM BEKERJA DI LABORATORIUM

Dalam melakukan atau suatu eksperimen atau percobaan harus mempunyai laboratorium, “nah !! apa kalian tau LABORATORIUM???” laboratorium adalah tempat kerja untuk melakukan atau membuat eksperimen di suatu ruangan atau tempat yang di dalamnya terdapat alat – alat untuk melakurkan percobaan. Bekerja di laboratorium kita harus berhati – hati karena tidak lepas dari penggunaan alat atau bahan tertentu yang bias menimbulkan kecelakaan dalam bekerja.maka dari itu kita harus memperhatikan keselamatan kita dalam melakukan suatu pekerjaan, harus memahami prosedur dalam pekerja, dan disiplin dalam bekerja, tentu juga kita harus mengetahui fungsi – fungsi dari alat yang kita gunakan dalam melakukan pekerjaan.
Bicara disiplin , apakah kita sudah disiplin??? Disiplin adalah sikap kita yang secara sadar untuk bersedia menuruti aturan yang telah di tentukan atau di tetapkan untuk membuat suatu tujuan tertentu. Dan tentu saja disiplin menghasilkan hal yang baik, untuk melakukan pekerjaan atau percobaan kita harus disiplin dan harus mematuhi aturan yang sudah di tetapkan dan jangan sekali – kali kita langgar suatu aturan karena nanti pasti aka nada hasil yang tidak baik,.untuk melakukan percobaan atau bekerja di laboratorium ada beberapa anjuran yaitu patuhilah tata tertib atau aturan yang ada di dalam laboratorium, sebelum melakukan percobaan atau bekerja dengan prosedur yang benar dan hati – hati tentu saja harus dengan teliti.
Dan di laboratorium juga dapat terjadi kecelakaan, sumber kecelakaan dalam laboratorium bisa terbakar, konsleting arus listrik, terken bahan kimia, kecelakaan tersebut bisa terjadi bila kita tidak berhati – hati dalam melakukan eksperimen dalam laboratorium. Tetapi di tempat kerja kita harus juga di lengkapi dengan menggunakan alat pelindungan pribadi contohnya jas laboratorium dan sarung tangan dan paling penting harus di lengkapi (P3K).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar