Jumat, 05 November 2010

ANAK JALANAN

Sudah hampir 100% anak jalanan yang berada di pusat ibu kota, yaitu Jakarta.
Dari sudut jalanan manapun kita dapat melihat mereka yang memang rata - rata pekerjaan dari mereka semua adalah mengamen.
Demi untuk mencukupi kehidupan mereka yang sangat ganas di pusat ibu kota, pekerjaan mengamen ini rela di lakoni dari mereka yang masih kecil hingga mereka yang telah lanjut usia.

Cara mereka mengamenpun tentu saja berbeda - beda. Ada mereka yang mengamen di bus - bus kota, di tempat - tempat makan dan di lampu - lampu merah. Sikap merekapun tentu saja berbeda - beda, ada yang mengamen dengan cara sopan , dan ada banyak pula yang mengamen dengan cara tidak sopan. Mereka yang sopan mengamen dengan penuh senyuman, sedangkan mereka yang tidak sopan mengamen dengan cara mau tidak mau dan tidak jarang mereka memaksa meminta uang.

Penghasilan mereka sebagai pengamen dalam sehari dapat di katakan tidak sedikit, karena banyak dari mereka yang turut mengajak sanak keluarganya untuk mengamen dan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan mereka berpencar ke tempat yang berbeda - beda, tentu saja dengan begitu otomatis penghasilan mereka tidak sedikit.

Sebenarnya aktivitas anak jalanan bukan saja mengamen, banyak juga dari mereka yang melakukan pertunjukan sulap, membacakan puisi dan berdagang segala apapun. Aktivitas ini biasa dilakukan para anak jalanan di dalam bus - bus kota.
Semua aktivitas itu mereka jalani sedari matahari terbit hingga matahari terbenam.
Sungguh aktivitas yang berat untuk mereka yang masih kecil dan lanjut usia. Seharusnya mereka yang masih kecil wajib mengenyam masa - masa kecil mereka dengan bermain dan bersekolah, dan mereka yang telah lanjut usia seharusnya hanya tinggal menikmati masa - masa tuanya dengan bersantai - santai di rumah, tetapi apa boleh buat, untuk menyambung kehidupan mereka yang keras di ibu kota memang itu yang harus mereka lakukan.

Solusinya sendiri adalah agar pemerintah dapat membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya agar mereka yang membutuhkan dapat turut ikut serta di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar